Cara Berinvestasi Emas Secara Online dan Offline

Cara Berinvestasi Emas Secara Online dan Offline

Emas adalah aset investasi klasik yang telah ada selama berabad-abad. Saat ini orang memiliki lebih banyak cara untuk berinvestasi secara online atau offline emas sebelumnya. Jika Anda memutuskan untuk berinvestasi pada logam mulia, Anda dapat memilih dari banyak opsi yang berbeda: membeli logam fisik, berinvestasi dalam koin emas, berinvestasi dalam emas ETF, berinvestasi di rekening bank yang didukung emas atau perak, membeli futures emas, membeli obligasi emas, berinvestasi dalam saham emas. Bagi seorang calon investor mudah untuk tersesat dalam berbagai opsi yang tersedia. Untuk yang terbaik atau terburuk, tidak ada solusi pamungkas yang akan merangkul semua orang. Cara terbaik untuk berinvestasi dalam emas atau perak tergantung pada ukuran modal Anda, toleransi risiko Anda dan, dalam beberapa kasus, lokasi Anda.

Investasikan Pada Emas Batangan

Emas Batang

Beberapa orang beralih ke investasi emas batangan (membeli emas batangan fisik) karena itu membuat mereka merasa lebih aman. Alih-alih membeli aset virtual, mereka memasukkan uang mereka ke objek nyata yang mereka miliki kendali penuh. Namun, ada banyak tantangan yang menunggu orang-orang yang memilih untuk berinvestasi dalam emas batangan. Pertama-tama, Anda perlu tahu tentang biaya komisi. Reseller emas fisik membawa lebih banyak biaya daripada makelar. Batang harus disimpan di suatu tempat di tempat yang aman dan mereka perlu dipindahkan dari satu pemilik ke pemilik lainnya. Biaya ini menambahkan hingga biaya. Untuk alasan keamanan, sebagian besar pemilik lebih suka menyimpan batang logam mulia di rumah – ini akan terlalu berisiko, jadi Anda juga harus membayar ke bank untuk penyimpanan. Alasan kedua yang membuat investasi dalam emas fisik lebih mahal adalah ukuran pasar. Ini adalah lebih banyak orang yang membeli dan menjual sekuritas emas, daripada potongan sebenarnya dari logam kuning. Tidak seperti emas batangan fisik, sekuritas dapat dijual secara global. Jika Anda memilih untuk berinvestasi dalam emas batangan, pengeluaran Anda kemungkinan besar akan “memakan” laba Anda. opsi ini mungkin cocok untuk orang yang sangat konservatif sebagai cara untuk mempertahankan uang mereka, tetapi untuk orang-orang yang tujuannya adalah untuk menciptakan pendapatan investasi, cara lain untuk berinvestasi dalam emas mungkin lebih menarik. Membeli perhiasan sebagai investasi juga merupakan kesalahan, karena perhiasan yang digunakan kehilangan nilai pada saat pembelian dan sangat sulit dijual kembali kecuali mereka adalah perancang atau koleksi yang sangat langka.

Koin Emas

Cara lain untuk memasukkan uang ke emas fisik adalah berinvestasi dalam koin emas. Koin emas digunakan untuk menjadi koin sirkulasi, tetapi setelah dunia telah meninggalkan standar emas di beberapa titik di abad ke-20 sebagian besar negara hampir berhenti mengeluarkannya. Saat ini koin emas disimpan sebagai aset investasi dan bukannya digunakan untuk membayar barang atau jasa. Untuk berinvestasi dalam koin emas, Anda perlu membelinya dari penyedia tepercaya, seperti bank atau perusahaan terkemuka. Koin emas batangan biasanya fraksi 1 troy ounce dan lebih terjangkau daripada emas batangan.

Investasikan Pada Emas ETF

Cara yang populer untuk berinvestasi dalam emas adalah dengan membeli saham dalam dana perdagangan pertukaran emas (ETF). ETF paling terkenal di dunia adalah SPDR Gold Trust. Memang, SPDR sangat berpengaruh, bahwa laporan keuangannya dapat membebani harga pasar emas. Jika investor memasukkan uang ke SPDR Gold Trust, harga pasar logam mulia akan naik mengikuti berita tersebut. Jika banyak uang mengalir keluar dari dana, itu menunjukkan bahwa orang kurang tertarik pada aset tabungan dan harga emas kemungkinan besar jatuh.

ETF diperdagangkan di pasar saham dengan cara yang sama seperti saham biasa. Untuk berinvestasi dalam emas ETF Anda perlu membuka akun dengan makelar saham. Tergantung pada rencana perdagangan Anda, makelar Anda mungkin membebankan komisi untuk membeli dan menjual saham ETF, biaya bulanan tetap, atau kombinasi keduanya. Komisi bervariasi secara signifikan dari satu makelar ke makelar lain, tetapi dalam banyak kasus mereka jauh lebih rendah daripada mereka yang membeli emas batangan.

Perdagangan Emas Berjangka atau Opsi

Perdagangan emas berjangka atau opsi adalah cara umum lain untuk berinvestasi dalam emas. Kontrak berjangka adalah kontrak standar untuk aset (dalam hal ini emas, perak atau logam mulia lainnya) yang akan dikirimkan dan dibayar kemudian dengan harga yang ditentukan. Sebagian besar futures saat ini adalah elektronik dan diperdagangkan secara luas di pasar sekunder antara orang-orang yang tidak membutuhkan pengiriman produk yang sebenarnya. Opsi adalah derivatif keuangan yang memberi pemegang opsi untuk membeli atau menjual aset yang mendasari pada harga yang disepakati di kemudian hari. Kedua opsi dan perdagangan berjangka dapat menjadi sumber penghasilan pasif yang sangat baik secara online. Sekuritas ini sangat bagus untuk perdagangan jangka pendek dan perdagangan spekulatif. Namun, memulai dengan perdagangan opsi dapat lebih berisiko dan tidak disarankan untuk investor pemula, karena memerlukan strategi hedging yang lebih rumit. Ketika Anda memahami cara menurunkan risiko, opsi dapat menjadi cara yang sangat menguntungkan untuk memperdagangkan emas atau perak secara online. Bagi orang-orang dengan sedikit atau tanpa pengalaman sebelumnya berinvestasi dalam emas berjangka atau opsi, salin perdagangan penyediaan sinyal yang berpengalaman dapat menjadi titik awal yang lebih aman.

Investasikan Pada Obligasi Emas

Meskipun banyak orang mencari cara untuk berinvestasi dalam obligasi emas, saat ini opsi ini hanya tersedia di India. Obligasi adalah sekuritas yang lebih stabil daripada saham atau saham ETF karena mereka memiliki nilai pokok yang tetap. Pemerintah India menawarkan Skema Investasi Obligasi Emas Sovereign. Program ini mulai mengurangi permintaan untuk emas fisik. Obligasi Emas Sovereign dikeluarkan oleh The Reserved Bank of India dan didenominasi dalam gram emas. Terutama mereka diperdagangkan melalui bank lokal dan kantor pos.

Investasikan Pada Saham Emas

Berinvestasi dalam saham emas adalah cara tidak langsung untuk mendapatkan keuntungan dari industri pertambangan emas. Untuk berinvestasi dalam saham emas biasanya berarti membeli saham perusahaan yang bekerja di kedudukan yang sesuai ini. Ini bisa menjadi perusahaan penambangan emas yang diperdagangkan di bursa dari seluruh dunia. Untuk membeli saham emas Anda juga perlu memiliki akun pialang yang memungkinkan perdagangan saham di bursa saham pilihan Anda. Atau Anda dapat memilih untuk perdagangan CFD (kontrak untuk perbedaan masa depan). CFD adalah alternatif modern untuk saham dan ditawarkan oleh banyak makelar ritel. Dalam kasus pedagang CFD tidak membeli saham perusahaan yang sebenarnya, tetapi harga CFD berubah sesuai dengan saham dan pemegang yang mendasari bahkan mungkin memenuhi syarat untuk dividen.

Bagaimana Harga Emas Berubah Seiring Waktu

Ada banyak argumen di kalangan analis apakah emas sudah ketinggalan jaman dan dinilai terlalu tinggi atau apakah aset simpanan klasik klasik tidak akan pernah pergi kemana-mana. Beberapa orang memang menyebut bitcoin “emas baru”. Namun pernyataan ini jauh dari kebenaran. Investor institusional terbesar, seperti Bank Sentral yang paling kuat dari seluruh dunia, masih memiliki cadangan emas yang solid dan terus berinvestasi dalam logam mulia. Tidak ada informasi tentang bank sentral yang mengumpulkan cryptocurrency dalam cadangan mereka. Permintaan untuk emas berubah seiring waktu di bawah berbagai faktor, tetapi karena emas terbatas jumlahnya dan memiliki biaya produksi yang relatif tinggi, persediaan terbatas telah menjaga harga tinggi sepanjang tahun. Ada beberapa pola dan faktor harga tertentu yang perlu Anda sadari sebelum mulai berinvestasi dalam emas secara online atau offline:

  1. Musiman

Secara tradisional harga emas naik pada bulan Januari/awal Februari didukung oleh peningkatan permintaan di China. Orang Cina suka membeli emas batangan sebagai hadiah Tahun Baru Imlek tradisional. Hari ketika orang Cina merayakan tahun baru tergantung pada kalender bulan dan berfluktuasi dari tahun ke tahun. Harga emas juga mendapat sedikit dukungan selama musim panas ketika ada musim pernikahan, karena orang-orang di India sering memilih emas sebagai hadiah untuk keluarga baru. Peningkatan harga musim panas kurang terkenal maka efek perayaan Tahun Baru di Asia.

  1. Risiko

Investor besar tidak suka menempatkan modalnya pada risiko. Setiap kali ada kejadian tak terduga atau ketidakpastian di dunia, arus modal dari aset berisiko ke apa yang disebut “safe-haven”. Aset safe-have yang paling populer adalah emas, perbendaharaan AS dan dalam beberapa kasus mata uang stabil seperti yen Jepang, dolar Amerika dan Swiss. Krisis atau ancaman apa pun mengarah pada kenaikan harga logam mulia yang cepat. Pasar dapat terguncang oleh peristiwa yang tak terduga, seperti perang di Suriah atau langkah tak terduga dari bank sentral 1-2 kali selama setahun. Tetapi ada juga banyak situasi di mana peningkatan permintaan emas dapat diramalkan. Misalnya, emas jelas akan meningkat sebelum pemungutan suara umum atau pemilihan AS atau pertemuan penting OPEC. Emas bahkan mungkin mendapat sedikit kenaikan menjelang pertemuan Federal Reserve AS reguler, jika hasilnya sulit diprediksi. Bagian yang sulit adalah menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli emas, seberapa jauh harganya akan naik dan kapan waktu terbaik untuk menjual aset untuk menghasilkan uang dengan mengurangi selera risiko investor yang lebih besar. Pengetahuan ini dapat diperoleh dengan pengalaman baik dengan melihat orang lain berdagang atau berdagang sendiri untuk jangka waktu yang relatif lama.

  1. Korelasi Emas/USD

Harga emas dan dolar Amerika biasanya bergerak berlawanan arah. Penjelasan untuk fenomena ini sangat sederhana: emas dalam denominasi USD. Ketika dolar naik satu ons emas menjadi lebih mahal bagi investor asing. Permintaan mulai turun dan harga harus mengikuti. Tetapi logika ini hanya berfungsi ketika tidak ada faktor yang mendorong permintaan untuk safe-haven. Kapanpun keselamatan menjadi prioritas utama bagi investor dan alasan ketidakpastian tidak datang dari AS, pelaku pasar dapat beralih ke aset dan harga Emas dan USD akan naik secara bersamaan.

Sumber : My Digi Trade