Investasi Emas Atau Perak? Mana yang Menguntungkan dan Lebih Minim Resiko?

Investasi Emas Atau Perak? Mana yang Menguntungkan dan Lebih Minim Resiko?

Investasi dapat dilakukan dengan banyak cara mulai dari saham, property, tabungan, emas, dan bahkan perak. Berinvestasi dengan emas mungkin pernah anda lakukan, karena banyak masyarakat yang lebih memilih emas untuk investasi jangka panjang. Hal tersebut karen invesatsi dengan emas memiliki banyak keuntungan yang diantaranya adalah kita bisa sekaligus memanfaatkannya sebagai aksesoris. Kita juga tidak perlu mengelolanya agar lebih menguntungkan, yang kita perlu lakukan adalah menyimpan dan menunggunya untuk menjualnya disaat yang tepat. Misalnya saja di masa depan saat kita tidak lagi memiliki pendapatan, atau saat kita sedang membutuhkan biaya lebih untuk suatu kebutuhan tanpa harus menggunakan jasa pinjaman uang. Emas juga mudah dicairkan jika kita sedang dalam keadaan terdesak. Ternyata tidak hanya emas saja yang dapat kita jadikan investasi, tapi juga perak. Pertanyaannya adalah investasi emas atau perak? Mana yang menguntungkan bila kita menggunakan perak dan emas untuk berinvestasi.

Memang dibandingkan dengan investasi lain yang membutuhkan klaim dan semacamnya untuk mencairkannya, emas dan perak memiliki satu kelebihan yang sama yaitu lebih mudah dicairkan, namun diantaranya keduanya, investasi emas atau perak? Mana yang menguntungkan untuk anda pilih? Lanjut baca penjelasan W88 bahas manakah yang peling menguntungkan dengan fakta berikut :

  1. Harga

Untuk masalah harga, tentunya harga perak lebih stabil dibandingkan emas. padahal sama halnya emas. Perak juga memiliki beberapa bentuk fisik yang bisa kita jadikan untuk investasi yaitu bentuk perhiasan dan juga batangan. Yang menyebabkan harga perak lebih stabil adalah lebih kecilnya pasar internasional untuk perak dibandingkan emas batangan, hal tersebut lah yang membuta manipulasi harga lebih sulit. alasan keduanya adalah karena sejak dulu bank sentral dunia selalu lebih fokus terhadap para pemegang emas dibandingkan dengan pemegang perak. Akibatnya menstabilkan harga perak menjadi agenda yang kurang diminati.

  1. Harga Belinya Terjangkau

Manakah yang lebih terjangkau harga belinya antara emas dan perak? Tentu saja jawabannya adalah perak. Harga untuk membeli perak tidak semahal membeli emas, jadi sisa uang yang anda gunakan untuk membeli perak bisa anda gunakan untuk kebutuhan lain. Harga beli yang lebih terjangkau tersebut membuat resiko yang dimiliki juga lebih keci, mungkin hal tersebutlah yang menjadi salah satu alasan menarik berinvestasi perak.

  1. Kenaikan Harga

Dibandingkan dengan emas. kenaikan harga perak cenderung lebih cepat. Tidak hanya 2 kali lipat, terkadang harga perak bis ameningkat sampai 3 kali lipat dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan emas.Jika emas harus menunggu bertahun-tahun dulu untuk bisa mendapatkan keuntungan berklai lipat, tidak dengan perak yang harganya naik lebih cepat.

  1. Untuk Kebutuhan Industri

Perak lebih banyak digunakan untuk kebutuhan industri, hal ini menyebabkan minat terhadap perak lebih besar. perak juga sering digunakan sebagai bahan perhiasan serta berbagai kerajinan tangan.

  1. Manakah yang lebih terbatas

Emas dan perak, manakah yang lebih terbatas? Jawabannya tentu saja perak, hal inilah yang membuat perak menjadi barang yang lebih berharga dan bisa anda jadikan sebagai salah satu alternatif berinvestasi.

Dalam berinvestasi sebenarnya kita jangan terlalu fokus pada satu hal, anda bisa berinvestasi dalam berbagai hal sekaligus. Misalnya saja anda berinvestasi dengan emas, perak, dan juga saham. Ketiga hal tersebut akan memmiliki manfaat kedepannya saat anda membutuhkan biaya untuk emmenuhi kebutuhan hidup anda. Setiap investasi selau memiliki kelebihan dan kekurangan masing, begitu juga dengan perak yang memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan berinvestasi dengan perak adalah perawatannya yang cukup sulit. jika tidak dirawat dengan benar maka perak yang anda simpan saat dijual bisa saja rusak dan mengurangi nilai jual.

Sama halnya dengan dengan emas, perak juga mudah dipalsukan, malah lebih mudah. Kekurangan yang terakhir berinvestasi perak adalah terbatasnya informasi penjualan. Keterbatasan informasi tersebut menyebabkan investor kurang berminat terhadap perak. Namun jangan khawatir, untuk masalah jual beli perhiasan, anda bisa melakukannya di berbagai toko perhiasan. Jadi, investasi emas atau perak? Manakah yang menguntungkan?