Jenis dan Karakteristik Investasi Emas

Jenis dan Karakteristik Investasi Emas

Investasi emas adalah salah satu investasi terbaik yang bijaksana. Ada terlalu banyak investor baru yang ambil bagian dalam pasar emas tanpa penyelidikan, yang hampir mengarah pada pembelian produk emas yang tidak pantas. Namun, produk emas yang tidak sesuai bisa memakan biaya ribuan dolar dalam jangka panjang. Dengan demikian, memilih produk emas yang tepat sangat penting bagi seorang investor. Dengan begitu, sebagai mahasiswa baru yang pertama kali berkenalan dengan investasi haru memahami jenis-jenis produk investasi emas dan karakteristiknya.

Emas Fisik

Secara umum, emas fisik adalah bagian dari portofolio investasi kebanyakan orang. Emas fisik dapat diinvestasikan dalam bentuk perhiasan emas, koin emas atau emas batangan. Keuntungan emas fisik: investor memiliki kepemilikan langsung, dan menjaga nilai. Kerugiannya adalah: emas yang disimpan secara pribadi adalah dengan likuiditas rendah, biayanya tinggi termasuk biaya pengiriman dan pemrosesan. Dibandingkan dengan koin emas dan perhiasan emas, emas batangan lebih disukai untuk diinvestasikan, karena biayanya yang lebih rendah dan likuiditas yang tinggi.

Emas berkubah merupakan emas batangan, disimpan dalam brankas bank profesional. Investor juga memperoleh kepemilikan emas berkubah, tetapi tidak memegang emas di tangannya sendiri. Umumnya, emas berkubah membayar biaya lebih rendah dan menyediakan likuiditas tinggi.

Efek Beragun Emas

Efek yang didukung emas adalah salah satu cara investasi emas yang secara tidak langsung berinvestasi emas. Ini menggabungkan manfaat emas batangan fisik dengan likuiditas pasar sekuritas tradisional. Biasanya, emas surat berharga dapat ditebus, tetapi biaya penukarannya relatif tinggi untuk mencegah frekuensi perdagangan emas. Dana yang diperdagangkan di bursa emas (ETF) adalah dana investasi yang diperdagangkan di bursa saham, seperti halnya saham. Berbeda dari ETF saham, ETF emas adalah produk derivatif keuangan yang melacak harga emas spot.

Keuntungan dari sekuritas yang didukung emas adalah: pertama, spread yang diperdagangkan relatif lebih rendah daripada emas fisik (seperti perhiasan emas, koin, dan batangan kecil), biasanya 0.5%; kedua, dihapus dari biaya kustodian emas, biaya penyimpanan dan biaya asuransi, hanya perlu membayar biaya manajemen sekitar 0.4%; akhirnya, dengan likuiditas tinggi, nyaman untuk berdagang. Kerugian dari sekuritas yang didukung emas: investor tidak memiliki kepemilikan emas; beberapa bursa efek mengenakan biaya tambahan pada setiap perdagangan.

Saham Penambangan Emas

Saham penambangan emas tidak secara langsung berinvestasi dalam emas tetapi pada perusahaan penambangan emas. Bandingkan dengan investasi emas lainnya, ini lebih spekulatif. Saham pertambangan emas membawa risiko, karena itu, karena investor ingin berinvestasi, saham pertambangan emas harus dipikirkan kembali. Cara investasi ini membutuhkan investor memiliki toleransi risiko yang lebih luas, dan dapat menerima kemungkinan kerugian berbasis emas sebagai imbalan atas potensi keuntungan tiga digit.

Reksa Dana Emas

Reksa dana emas adalah cara lain untuk berinvestasi dalam emas. Ini cocok untuk para investor yang ingin berinvestasi dalam emas fisik, tetapi masih menginginkan beberapa paparan logam mulia. Namun, berhati-hatilah dengan biaya tahunan tinggi yang mungkin ditambah biaya tersembunyi, dan analisis prospektus penawaran dengan bijaksana.

Opsi dan Berjangka Emas

Opsi dan berjangka emas adalah turunan investasi emas yang merupakan spekulasi jangka pendek pada harga emas di masa depan. Pasar lebih kompleks dan diperdagangkan dalam spekulasi tetapi tidak dalam emas fisik. Dengan demikian, cara-cara investasi tersebut cocok untuk investor yang lebih berpengalaman dan canggih. Membeli opsi berisiko, lebih banyak investor yang kalah daripada menang. Keuntungan utama adalah bahwa investor dapat mengendalikan investasi besar dengan jumlah uang yang kecil dan terbatas. Kerugiannya adalah bahwa opsi berakhir dalam jangka waktu yang tetap. Opsi dan masa depan emas dapat membawa kekayaan besar; itu juga bisa hilang semuanya dalam sekejap.