Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas

Investasi memang perlu, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi dimasa mendatang. Investasi akan sangat membantu memenuhi berbagai kebutuhan saat kita tidak lagi memiliki pendapatan atau pensiun misalnya. Manfaat lain investasi diantaranya adalah dapat disesuaikan bila ada perubahan kebutuhan. Misalnya saja saat kita sedang menghadapi masalah keuangan yang cukup besar dan gaji anda tidak mencukupi. Maka disaat itulah anda dapat menggunakan investasi yang anda miliki. Contoh lainnya adalah saat anda akan menikah yang membutuhkan banyak biaya untuk menyelenggarakan pestanya, maka anda dapat memulai investasi jauh-jauh hari sebelum pernikahan anda. Karena akan ada banyak tambahan biaya yang dibutuhkan. Begitu juga dengan kebutuhan hidup yang lain, karena kehidupan manusia seperti roda berputar yang tidak mungkin kita akan selalu di atas. Ada banyak investasi yang bisa kita pilih mulai dari investasi deposito, saham, obligasi, bursa berjangka, property, maupun emas. dan yanag kan kita bahas kali ini adalah kelebihan dan kekurangan investasi emas.

Kali ini yang akan kita bahas adalah investasi emas yang mungkin merupakan investasi paling menguntungkan. Tapi tentu saja investasi menggunakan emas juga memiliki beberapa kekurangan. Ini diabeberapa kelebihan dan kekurangan investasi emas :

  1. Mudah Dicairkan

Salah satu kelebihan investasi emas yang membuat banyak orang lebih memilih investasi emas adalah sangat mudah dicairkan. Dibandingkan dengan investasi lain, investasi emas ini relatif lebih mudah dan cepat dicairkan. Pasalnya pemilik bisa menjualnya kapan saja tanpa ada batasan waktu atau keadaan tertentu. Investasi emas sendiri ada banyak macamnya mulai dari yang batangan maupun dalam bentuk perhiasan.

  1. Lebih Menguntungkan

Emas memiliki sifat yang harganya selalu meningkat setiap tahunnya. Jadi, para pemilik investasi emas ini cenderung tidak akan rugi, justru saat dicairkan hasilnya akan lebih banyak dibandingkan dengan saat membeli. Emas juga bisa diinvestasikan dalah jumlah perhiasan yang bisa kita gunakan sebagai aksesoris berjangka panjang.

  1. Tanpa Pajak

Tidak seperti investasi berbentuk saham yang kita akan dikenakan pajak, jika berinvestasi dalam bentuk emas, kita tidak akan dikenai pajak. Hanya saja pajak Ppn untuk emas yang berbentuk koin dan perhiasan. Pajak Ppn biasanya juga hanya dikenakan saat proses jual beli saja, tidak seperti mobil atau rumah yang dikenakan secara rutin.

  1. Resiko Hilang Tinggi

Tentunya investasi emas meski memiliki banyak kelebihan juga memiliki kelemahan yang salah satunya adalah beresiko hilang. Terutama untuk emas berbentuk perhiasan yang biasa kita pakai. Emas bisa saja hilang karena pencurian, perampokan ataupun terlepas saat kita pakai. begitu juga dengan emas batangan yang berjumlah banyak akan juga memiliki resiko hilang yang tinggi bila disimpan dirumah. Makanya, banyak para pemilik investasi emas yang memilih menyimpan emas mereka di bank meski harus mengeluarkan dana lebih untuk menitipkannya.

  1. Investasi Jangka Panjang

Untuk anda yang menginginkan keuntungan investasi dalam waktu cepat, maka sebaiknya jangan pilih investasi emas. Investasi emas ini membutuhkan waktu yang lama agar dapat mendapatkan keuntungan. Untuk mendapatkan harga hingga dua kali lipat dari harga beli emas, anda harus menjualnya beberapa tahun kemudian. Jika anda membeli emas hanya untuk dijual sebulan kemudian, maka keuntungannya belum terlalu banyak.

  1. Harga Emas Fluktuatif

Emas harganya tidak naik dalam waktu singkat, butuh beberapa tahun agar harganya naik. Tidak hanya itu, emas juga terkadang memiliki harga pasar yang naik turun. Bisa saja saat anda membeli emas anda harganya sedang naik, tapi saat anda menjualnya beberapa tahun kemudian harganya mungkin sedang turun. Tapi anda tidak akan rugi saat menjual emas selama kondisi masih bagus.

Itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan investasi emas yang penting untuk diketahui. Satu lagi hal yang harus anda pertimbangkan bila ingin memilih emas sebagai investasi adalah harganya yang justru turun saat ekonomi sedang stabil. Kelebihan dan keuntungan di atas bisa anda jadikan pertimbangan apakah investasi emas cocok dengan kebutuhan anda atau tidak.