Apakah Membeli Emas Adalah Investasi Yang Baik?

Apakah Membeli Emas Adalah Investasi Yang Baik?

Secara historis, emas telah memainkan peran utama dalam perekonomian banyak negara. Meskipun ini bukan lagi bentuk mata uang utama, emas masih merupakan investasi jangka panjang yang solid dan mungkin merupakan tambahan portofolio yang berharga, khususnya di pasar beruang.

Emas dianggap sebagai mata uang universal selama ratusan tahun. Karena nilai yang diakui di seluruh dunia, standar emas digunakan sejauh Kekaisaran Bizantium lebih dari 1.500 tahun yang lalu. Sampai saat ini, pada kenyataannya, emas digunakan sebagai mata uang cadangan dunia.

Pada tahun 1944, setelah penandatanganan Perjanjian Bretton Woods, dolar menggantikan emas sebagai mata uang cadangan dunia. Tetapi bahkan setelah perjanjian ini, emas terus digunakan untuk mendukung mata uang domestik berbagai negara. Namun, pada tahun 1971, Richard Nixon menghapus standar emas di AS dan negara-negara lain segera menyusul.

Keuntungan Emas Sebagai Investasi

Meskipun bukan lagi bentuk mata uang utama di negara maju, emas tetap menjadi investasi populer karena sejumlah alasan.

  1. Likuiditas. Emas dapat dengan mudah dikonversi menjadi uang tunai di mana saja di dunia. Selain uang tunai aktual, likuiditas dan universalitas emas tidak tertandingi.
  2. Memiliki Nilai. Emas cenderung mempertahankan nilainya dari waktu ke waktu. Para ekonom berpendapat bahwa bahkan harga emas tidak menunjukkan nilainya. Artinya, bahkan jika harga menurun, nilai dasar emas tidak banyak berubah. Ini sebagian besar karena ada kuantitas emas tetap karena fakta bahwa itu adalah komoditas, sedangkan dolar AS, yang merupakan bentuk mata uang kertas fiat, tidak memiliki nilai yang melekat.
  3. Lindung Nilai Terhadap Inflasi. Emas naik nilainya ketika inflasi bertahan. Karena emas dihargai dalam dolar AS, setiap penurunan dolar secara logis akan mengarah pada harga emas yang lebih tinggi. Akibatnya, selama masa inflasi, emas menawarkan investasi yang jauh lebih stabil daripada uang tunai.
  4. Diversifikasi. Menambahkan sekuritas yang berbeda ke portofolio Anda adalah cara penting untuk mendiversifikasi dan menurunkan risiko investasi Anda secara keseluruhan. Selain itu, karena emas sering bergerak terbalik ke pasar saham dan nilai mata uang, ini memberikan cara yang sangat efektif untuk melakukan diversifikasi.
  5. Investasi yang Diinginkan Secara Universal. Emas masih merupakan komoditas universal. Meskipun negara-negara menjual mata uang berjangka, perbendaharaan, dan sekuritas lainnya di seluruh dunia, tidak seperti emas, mereka mengalami kekacauan politik.
  6. Emas Digunakan Sebagai Input Dalam Produk. Karena emas digunakan dalam produksi berbagai produk termasuk perhiasan dan elektronik, ada permintaan yang dapat diandalkan yang semakin menstabilkan harga emas. Terlebih lagi, pada saat permintaan meningkat, pasar-pasar ini dapat memaksa harga emas lebih tinggi.

Kerugian Dari Berinvestasi Emas

Sementara emas dapat menjadi investasi yang bagus untuk sejumlah alasan yang diuraikan di atas, waspadai kerugiannya sebelum berinvestasi:

  1. Emas Tidak Menghasilkan Pendapatan Pasif. Investasi lain seperti saham dan obligasi dapat memperoleh sebagian nilainya dari pendapatan pasif dalam bentuk bunga dan dividen. Namun, satu-satunya pengembalian yang dapat Anda lakukan untuk emas adalah ketika nilainya meningkat dan Anda memutuskan untuk menjual.
  2. Emas Dapat Membuat Gelembung. Dalam ekonomi yang bergejolak, banyak orang mulai berinvestasi emas, tetapi ketika investor mulai panik, emas bisa menjadi terlalu mahal. Ini, pada gilirannya, berarti bahwa investasi Anda dapat kehilangan nilainya begitu harga mengoreksi dirinya sendiri.
  3. Perlu Penyimpanan Fisik dan Asuransi. Jika Anda memilih untuk membeli emas fisik aktual, Anda tidak hanya perlu menyimpannya, tetapi Anda juga harus mengasuransikannya. Jika tidak, Anda tidak akan dapat menggantinya jika menjadi rusak atau dicuri.
  4. Tarif Pajak Capital Gain Lebih Tinggi Pada Sebagian Besar Investasi Emas. Karena emas dianggap tertagih di A.S., tarif pajak capital gain adalah 28%, yang jauh lebih tinggi daripada tarif capital gain biasa 15%. Yang mengatakan, perusahaan pertambangan yang tidak berinvestasi emas secara langsung masih dikenakan pajak pada tarif biasa.
  5. Peningkatan Nilai Emas Bertepatan Dengan Devaluasi Mata Uang Lokal. Banyak ekonom berpendapat bahwa emas hanya meningkatkan nilainya ketika dolar didevaluasi atau inflasi kuat. Akibatnya, kritikus merasa bahwa emas tidak menawarkan pengembalian yang memadai di pasar lain.

Kapan Berinvestasi Emas?

Waktu terbaik untuk berinvestasi emas adalah ketika inflasi diperkirakan akan bertahan dan menurunkan nilai mata uang nasional. Semakin awal Anda dapat mendeteksi penurunan tersebut, semakin banyak ruang yang Anda miliki untuk mendapat untung. Indikator utama seperti penurunan pasar saham dan gejolak politik dapat mengindikasikan devaluasi mata uang negara Anda di masa depan. Pengumuman oleh bank cadangan untuk mencetak lebih banyak mata uang lokal juga dapat menunjukkan waktu yang tepat untuk berinvestasi emas.

Ketika mata uang lokal kuat, dan inflasi tidak diharapkan, tidak ada banyak ruang untuk harga emas naik. Dengan itu, jika ada harapan peningkatan permintaan dari pasar yang membutuhkan emas, seperti perhiasan dan elektronik, pertimbangkan berinvestasi emas untuk mendapat manfaat dari tekanan harga potensial.

Secara praktis, bagaimanapun, strategi investasi pasif beli dan tahan mungkin yang terbaik untuk investor emas biasa. Karena ekonomi cenderung bersifat siklus, beli ketika harga emas turun, apakah negara Anda saat ini sedang mengalami gejolak atau Anda pikir sedang menuju beberapa. Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir tentang pembelian saat semua orang membeli dan menaikkan harga.

Cara Berinvestasi Emas

Ada banyak cara berbeda untuk berinvestasi emas:

  1. Beli Emas Secara Langsung. Anda dapat membeli emas langsung dalam bentuk bullion atau koin. Anda kemudian akan memegang jumlah fisik emas, yang dapat dijual di kemudian hari. Memang terasa enak memiliki emas sebenarnya milik Anda, tetapi Anda harus berhati-hati dengan itu. Kelemahan terbesar adalah bahwa Anda harus membayar untuk memiliki diasuransikan atau disimpan.
  2. Beli Saham di Perusahaan Emas. Anda juga dapat membeli saham di perusahaan yang menghasilkan emas. Nilai stok akan sangat berkorelasi dengan nilai emas itu sendiri. Anda juga dapat dibayar dividen atas saham Anda.
  3. Emas Berjangka dan Opsi. Anda dapat berinvestasi dalam emas melalui derivatif keuangan yang berspesialisasi dalam investasi emas seperti opsi panggilan dan put. Panggilan pantas jika Anda mengharapkan nilai emas meningkat. Di sisi lain, Anda akan membeli put jika Anda mengharapkan harga emas turun. Seperti turunan lainnya, opsi emas dan berjangka berisiko; Anda memiliki potensi untuk mendapatkan pengembalian tinggi atau mengalami kerugian besar.
  4. Investasikan Dalam ETF Emas. ETF emas adalah dana yang diperdagangkan di bursa yang mengkhususkan diri dalam berinvestasi dalam berbagai sekuritas emas. Diversifikasi semacam itu agaknya dapat meminimalkan risiko Anda. Dua perdagangan ETF emas populer di pasar adalah streetTRACKS Gold Trust dan iShares COMEX Gold Trust.

Kesimpulan

Emas bisa menjadi investasi yang menguntungkan ketika semua yang lain gagal. Jika Anda khawatir tentang inflasi atau devaluasi mata uang negara Anda, Anda mungkin ingin menambahkan emas ke portofolio Anda. Karena itu, pahami investasi emas spesifik yang Anda pertimbangkan secara saksama sebelum Anda benar-benar berinvestasi. Sebagai contoh, tepatnya berapa biaya untuk menyimpan dan mengasuransikan emas fisik? Apa perbedaan pajak untuk golongan pajak penghasilan Anda antara berinvestasi dalam ETF emas atau ETF penambangan emas? Mengetahui perincian dapat membuat perbedaan besar dalam hal profitabilitas.

Meskipun menggoda untuk membeli banyak emas dalam ekonomi yang sedang kesulitan, cobalah untuk tidak terbawa suasana. Gelembung emas ada, dan untuk mencegah diri Anda dari paparan yang berlebihan terhadap kelas aset apa pun, Anda selalu ingin mempertahankan portofolio yang terdiversifikasi dengan baik.