Hati-Hati! Ketahui Perbedaan Emas Asli dan Palsu

Hati-Hati! Ketahui Perbedaan Emas Asli dan Palsu

Emas merupakan salah satu barang yang digunakan masyarakat untuk investasi. Banyak yang memilih emas karena banyak keuntungan yang diberikan, seperti tidak butuh pajak rutin yang harus dibayarkan seperti halnya saham maupun bangunan atau rumah. sebenarnya masing-masing investasi memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Begitu juga dengan investasi emas, salah satu kelemahan investasi emas adalah resiko bahwa emas yang kita beli bukanlah emas asli, ada yang campuran, ada pula yang palsu. Untuk itu, bila kita ingin berinvestasi dengan emas kita harus hati-hati! Ketahui perbedaan emas sebelum anda memutuskan untuk membeli emas. anda harus bisa membedakan manakah emas yang asli dan yang palsu. Tentu saja hal ini diperlukan, karena investasi dilakukan agar kita memiliki simpanan yang dapat kita pakai dimasa depan. Bila kita menyimpan emas palsu, yang ada bukannya kita memiliki simpanan, tapi kita akan merugi, karena emasnya tidak akan bisa dicairkan untuk keperluan lain.

Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk membedakan mana emas yang asli dan tidak. Diantara caranya adalah dengan melihat fisiknya dengan menggunakan alat bantu yang dapat membantu kita melihat apakah emas tersebut asli atau tidak, berikut caranya :

  1. Cek Fisik

Cek fisik ini dapat dilakukan dengan cara mencari stempel yang ada pada emas. meski begitu biasanya emas tua akan lebih sulit dilihat tandanya. Emas palsu terkadang juga memiliki tanda yang sulit dibedakan dengan yang asli, jadi anda akan membutuhkan langkah selanjutnya.

  1. Perubahan Warna

Cara yang kedua adalah dengan membuat sedikit gesekan untuk melihat apakah ada perubahan warna atau tidak. Jika ada perubahan warna, mungkin saja perhiasan atau logam anda hanya berlapis emas.

  1. Dengan Gigitan

Tes lain yang bisa digunakan untuk mengecek emas anda asli atau tidak adalah dengen menggunakan tes gigitan. Caranya yaitu gigit emas anda dengan gigitan sedang, lalu lihat apakah di emas anda terdapat bekas gigitan anda atau tidak, bila iya maka emas anda adalah emas murni. Tapi cara ini sebenarnya tidak terlalu dianjurkan karena akan merusak gigi anda, juga timbal memiliki tekstur yang lebih lunak, sehingga anda bisa saja mengiranya emas murni padahal timbal yang hanya berlapis emas. jadi cara ini kurang begitu menjamin keaslian emas anda.

  1. Dengan Magnet

Cara yang selanjutnya adalah dengan menggunakan magnet, yaitu dengan mendekatkan magnet dengan emas. emas yang asli tidak akan tertarik oleh magnet karena emas bukanlah logam magnetik. Tapi anda harus tetap berhati-hati, sekarang oknum pemalsu emas juga sudah handal dalam memalsukan emas. mereka bisa saja menggunakan non-magnetik logam untuk mengecoh anda, sehingga logam tersebut anda kira sebagai emas murni.

  1. Cek Massa Jenis

Cara lain yang dapat digunakan untuk mengecek apakah emas anda asli atau tidak adalah dengan melihat massa jenis dari emas tersebut. Biasanya logam massa jenisnya lebih ringan ketimbang emas, tapi ingat anda bisa mengecek kepingan emas anda dengan cara ditimbang dengan catatan bahwa emas anda merupakan emas murni. Maksudnya, tidak terdapat campuran baru apapun termasuk batu permata yang biasa digunakan untuk mempercantik tampilan perhiasan emas anda. Perhitungan massa jenis ini dapat dilakukan dengan menggunakan tabung berisi air sebagai sarananya, untuk melihat seberapa naik air bila anda memasukkan emas anda ke dalam tabung tersebut.

  1. Dengan Pelat Keramik

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan pelat keramik. Pelat keramik yang dipakai merupakan pelat keramik yang tidak berlapis gazur, caranya gesekkan pelan emas anda di pelat dan lihat apakah muncul garis hitam di pelatnya. Bila iya, hati-hati! Ketahui perbedaan emas dan yang bukan. Garis hitam menunjukkan emas anda palsu, dan garis emas akan menunjukkan bahwa emas anda asli.

Itu dia beberapa acara yang bisa anda gunakan untuk mengetes apakah emas anda merupakan emas asli, murni, atau hanya bagian luarnya saja yang berlapis emas. anda harus hati-hati! Ketahui perbedaan emas yang asli dan yang bukan.