Resiko Nyata Dalam Investasi Emas yang Harus Diwaspadai

Resiko Nyata Dalam Investasi Emas yang Harus Diwaspadai

Investasi merupakan tabungan yang akan sangat berguna bagi kebutuhan kita di masa mendatang. Memilih investasi yang tepat sangatlah penting agar kita mendapatkan keuntungan dari investasi tersebut, bukannya kerugian. Masing-masing investasi memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing, begitu juga dengan resiko-resikonya. Makanya, sangat penting untuk mengetahui resiko-resiko yang akan dihadapi bila berinvestasi, entah itu berinvestasi dalam bentuk saham, tabungan, emas, property, maupun investasi lainnya. kali ini kita akan membahas tentang resiko apa saja yang ada dalam berinvestasi dengan emas.

Investasi emas dapat dilakukan dalam jumlah kecil maupun besar. Ada beberapa jenis emas yang bisa anda jadikan sebagai investasi yaitu dalam bentuk perhiasan yang sudah jadi, ataukah dalam bentuk emas batangan. Invetasi emas juga bisa dilakukan oleh masyarakat kalangan bawah maupun kalangan atas. Bila anda tidak bisa membeli emas batangan yang harganya mahal, anda bisa memilih emas perhiasan yang ukurannya kecil dan terbuat dari emas muda. Ada resiko nyata dalam investasi emas yang harus anda ketahui bila anda ingin membuat investasi dengan emas.

Jika anda ingin atau sudah berinvestasi dalam bentuk emas, sebaiknya anda mengetahui resiko apa saja yang mungkin anda hadapi saat berinvestasi emas. Meskipun investasi emas memiliki banyak keuntungan dan banyak dipilih banyak orang dari dulu sampai sekarang, tapi ada beberapa resiko yang harus anda ketahui agar anda dapat meminimalisir resiko nyata dalam investasi emas tersebut. Berikut ulasan Suzuki Makassar tentang resiko-resiko yang ada di dalam investasi emas :

  1. Tertipu dengan Emas Palsu

Resiko yang pertama adalah untuk anda yang masih awam rawan sekali tertipu dengan emas yang palsu. Orang awam cenderung belum dapat membedakan fisik emas yang asli dan palsu entah dari sisi kualitas, kadar, dan juga bobotnya. Jadi, bila anda ingin membeli emas sebaiknya membeli di tempat-tempat yang benar-benar terpercaya. Apalagi bila yang anda beli adalah emas batangan yang harganya pastilah mahal. Akan percuma bila anda menginvestasikan emas palsu.

  1. Investasi Bodong

Meski telah banyak kasusnya yang ditangani pihak berwajib, tapi masih ada saja yang kadang tertipu dengan rayuannya. Untuk anda yang ingin berinvestasi dengan emas, jangan sampai termakan rayuan oknum yang menawarkan keuntungan besar dengan syarat investasi emas, bila ada yang menawari anda, anda patut untuk curiga, dan sebaiknya menghindarinya.

  1. Resiko Hilang

Tentu saja investasi emas memiliki resiko kehilangan yang sangat besar dibandingkan dengan investasi lainnya. Contohnya saja emas yang berbentuk perhiasan dan mungkin sering anda pakai. Ada banyak kondisi yang bisa menyebabkan emas itu hilang, diantaranya adalah terjatuh karena terlepas, dirampok, ataupun kondisi tak terduga lainnya. Tidak hanya dalam bentuk perhiasan, emas batangan juga rawan hilang, makanya banyak yang rela mengeluarkan biaya lebih untuk jasa penyimpanan emas dengan salat satu layanan yang biasanya disediakan oleh bank.

  1. Warna Emas

Emas warnanya dapat memudar bila tidak dirawat dan disimpan dengan benar, jadi bila anda memilih emas sebagai investasi sebaiknya anda tahu bagaimana cara penyimpanan yang benar. Jika tidak disimpan dengan benar, warnanya bisa saja memudar dan saat dijual harganya pun akan kurang maksimal. Hal ini karena secara kualitas, emas anda sudah kurang bagus. tentunya anda tidak mau bukan, jika investasi anda saat ingin anda cairkan tidak memberikan untung dan justru merugikan. Jika anda memiliki investasi dalam jumlah besar, anda bisa menggunakan jasa penitipan emas di bank agar resiko pudar dan kehilangan dapat anada atasi.

Itu tadi beberapa resiko nyata dalam investasi emas yang harus anda ketahui sebelum anda memutuskan untuk berinvestasi, bila kira-kira anda dapat mengatasi resiko tersebut dan investasi emas merupakan yang sesuai dengan kebutuhan anda, maka lanjutkan. Bila tidak, anda bisa mencoba investasi lain yang lebih sesuai dengan kebutuhan anda. Memang setiap investasi memiliki resikonya masing-masing, yang terpenting adalah bagaimana anda meminimalisir resiko tersebut agar investasi anda menguntungkan. Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk berinvestasi dalam bentuk emas?